Meluruskan persepsi wiki

Written By admin on Saturday, February 11, 2012 | 8:50 PM

Sekedar meluruskan persepsi dan arti wiki sebenarnya, yaitu wiki berartis anyone can edit dan info panjangnya bisa dilihat di wiki. Hal ini agar kita tidak salah pengertian dengan maksud dan fungsi wiki ataupun wikipedia.

Jadi siapapun bisa mengedit sebuah wiki meski seharusnya bisa dipertanggung jawabkan, namun banyak juga yang menulis di wiki tentang artikel kontes seo. Memang cukup bagus juga untuk mencari backlink dan traffic dengan membuat wiki. Saya sendiri sudah sering membuat artikel wiki untuk cari backlink dan traffic tapi sering juga di edit orang dan lebih parah di hapus linkback bahkan wikinya dihapus sama sekali. Meski bebas tapi masih ada etika yg harus di jaga dalam mengedit sebuah wiki, yaitu link yg ada jangan dihapus.

Apakah kita mesti marah dan protes?, tetap kita tidak bisa karena sifat wiki adalah siapa saja bisa mengeditnya bahkan ngehapusnya. Protes wiki kita diedit orang justru akan menunjukkan betapa ceteknya pengetahuan internet kita sendiri karena secara simple adalah "jangan membuat wiki jika tidak mau di otak-atik oleh pengguna internet lain". Sebenarnya ada layanan membuat wiki profesional berbayar dan hanya bisa diedit oleh pemiliknya.

Artikel ini menindak lanjuti dari komentar di artikel saya di ban gt radial oleh salah satu "pemenang kontes seo gt radial" (dalam tanda kutip?) yang meributkan link yang saya tanam Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik. Seperti ane bilang bahwa ane sudah bosan buat wiki dan akhirnya diedit dan dihapus orang, tapi tidak pernah meributkannya.

Baru ini dalam sejarah internet ada yang mencak2 wiki gratis di edit orang?. Simple "jangan buat artikel di wiki kalo ga mau diapa-apain orang.

No comments:

Post a Comment

 
Dunia Gue